Panduan Mencuci untuk Para Suami

Posted: April 24, 2016 in Pengalaman Unik
Tag:, , , , , , , , ,

Terus terang, sy baru blajar mencuci dg mesin cuci. Selama ini istri tercinta yg selalu menanganinya. Bahkan diakhir pekan disaat istri baru sempat karena kesibukannya, bisa bergunung2 cucian harus dibereskan, dan sy tahunya bantu jemur, kering trus kadang2 ikut melipat.

Karena istri ada di luar kota, dan situasi memaksa dan memungkinkan sy dan anak kedua dirumah, mau tidak mau harus cuci sendiri, dengan mesin cuci yg sdh lama kami pake, sejak sekitar 2010-an, lupa2 ingat, sejak kami tempati rumah sendiri. Mesinnya cukup bandel, buktinya sampai sekarang masih oke-oke saja. Kalo tdk salah, sempat  ganti kapasitornya, atau itu punyanya kulkas yaa..haha lupa maklum sdh umur.

Karena belajar mencuci ya sekaligus cari infonya di google. Istri sempat beritahu, tp ingatan teknis pendek skali, shingga cepat lupa. Dapat di google, utk seri yg lain. Tapi teknis operasional Mesin Cuci SHARP ES-T85CL dg seri lain, kayaknya mirip2.. Jadi sy coba saja, sambil baca petunjuk, haha. Dan tidak susah kok, bahkan nantinya juga bisa bantu nih, tidak harus istri yg cuci. Ehm..ehm..

Seri ES-T85CL ini memiliki dua tabung, satu tabung untuk mencuci dan satu lagi untuk mengeringkan/memeras/spin (Spin-dry timer), bahkan dilengkapi proses pencucian yang unik, yakni tombol/knop pencuci (wash timer) dapat kita arahkan untuk mencuci sekaligus jeda untuk merendam. Nah, sy baru tahu teknologi beginian. Yg lebih canggih, setahu sy ya sekaligus mengeringkan, sehabis membilas. Mesin pintar.., !!!
image

Jadi bila kita putar pada posisi tertentu maka selama proses pencucian terdapat jeda beberapa menit untuk merendam, namun untuk menghemat waktu kita juga dapat melewatkan fitur ini yaitu dengan memutar knop pencuci ke posisi mencuci saja tanpa merendam.

Nah untuk bapak2 yg kebetulan punya pengalaman yg sama, dan belum pernah mencuci dan ditinggal istri di rumah dan tidak ada pembantu, ada baiknya menangani cucian dg baik, sehingga istri pulang ke rumah sdh beres semua. Hahaha…

Bagaimana urutan cara mencucinya, ya kurang lebih begini :
image

1.  Saat pertama kali akan mencuci sebaiknya pisahkan dahulu pakaian yang berwarna putih/cerah dengan yang berwarna gelap. Hubungkan steker mesin cuci ke stopkontak, pastikan tombol water supplay selector pada posisi wash. Putar tombolcycle selector pada posisi Heavy atau soft. Isilah tabung pencuci dengan air bersih dengan selang melewati saringan yang ada di tengah atas mesin cuci.

2. Setelah air dirasa cukup untuk mencuci, campurkan sabun cuci/deterjen ke dalam tabung cuci lalu aduk dengan memutar tombol wash timerke arah kanan sedikit saja, agar deterjen dapat bercampur merata bersama air.

3. Masukkan pakaian yang akan dicuci ke dalam tabung cuci, lalu tutup tabung, putar knop wash timer ke arah kanan lalu diamkan, Mesin akan berhenti dengan otomatis setelah tombol kembali ke posisi awal, setelah itu air bekas cucian dapat dibuang dengan memutar tombol Cycle selector ke posisi drain.

Hal penting terkait  fungsi tombol wash timer:
Angka yang ada seperti 15, 24, 33, 40, dan 45 adalah waktu yang diperlukan untuk proses mencuci dalam satuan menit.Gambar baju dengan tulisan soak adalah proses perendaman.Gambar baju dengan lingkaran panah adalah proses pencucian.

4. Setelah mesin cuci mati dengan otomatis, buka tutup tabung cuci lalu pindahkan cucian ke dalam tabung pengering/spin, lalu tekan-tekan cucian agar tidak ada rongga yang menyebabkan perputaran spin tidak beraturan, lalu pasang plastik pengunci cucian ke dalam tabung spin. plastik pengunci cucian berfungsi menahan cucian agar diam pada tempatnya sehingga mencegah cucian terlempar keluar tabung saat spin dinyalakan.

5. Putar tombol spin-dry timer ke arah kanan, angka pada tombol menunjukkan lamanya waktu pengeringan, makin jauh putaran tombol makin lama proses pengeringan. menurut pengalaman, bila tabung pengering penuh dengan cucian maka tombol cukup diputar pada posisi 2.

6. Ini adalah proses bilas pertama, sama seperti poin sebelumnya, yakni putar tombolcycle selector pada posisi  wash. Isi tabung pencuci dengan air bersih, kemudian masukkan pakaian yang telah dikeringkan. putar knop wash timer ke arah kanan. lalu ikuti langkah-langkah seperti pada poin 4 dan 5.

7. pada saat ini proses pencucian, pembilasan awal dan pengeringan telah selesai, namun bila dirasa kurang, anda dapat mengulangi proses seperti langkah-langkah di atas agar hasil cucian lebih bersih. Pada proses akhir pembilasan anda dapat menambahkan pengharum cucian untuk menghilangkan bau cucian.

8. Na, ternyata mudah, dan para suami bisa sambil melakukan pekerjaan lain, seperti membaca, bersih2 pepohonan, kasih makan piaraan, atau seperti sy sambil nutul hape tuk menulis pengalaman ini di blog yg sdh 2 tahun lebih tdk aktif, wouuww…hehe…

Selesai tulisan, tapi cucian belum karena baru baju putih, yg lain perlu 2 kloter lagi, kayaknya.
Enjoy…kerjakan hal2 kecil dg penuh perhatian dan kesadaran penuh, niscaya menjadi kebahagiaan kecil, yg mengesankan.

Nah, langkah terakhir jemur… !!! Karena di Kupang saat ini kemarau dan berangin, paling tidak sampai 1 jam sdh kering sempurna.

Demikianlah Cara Mengoperasikan Mesin Cuci SHARP ES-T85CL yg tua tapi bandel,  sekaligus belajar mencuci bagi sy, semoga bermanfaat. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s