Komodo Berdikari

Posted: September 13, 2011 in Budaya
Tag:,

Ini memang mirip slogannya Bung Karno di awal kemerdekaan dulu : BERDIKARI ( Berdiri di atas Kaki Sendiri ), yang hendak aq lekatkan pada Nasib masa depan Komodo saat ini, setelah mengundurkan diri dari nominasi New 7 Wonder.

Pengunduran diri adalah jalan yang terbaik walau terlambat. Gembar-gembor tujuh keajaiban baru dunia memang membahana sejak awal dicanangkan. Tapi ketika konsekuensi logis seperti fee-fee yang tidak wajar menjadi beban pemerintah dalam hal ini menbudpar ( lebih tepatnya beban masyarakat Indonesia ), maka mengapa harus ditanggapi ?

Berdiri di atas kaki sendiri, adalah langkah terbaik. Buaian gaung New7Wonder ternyata tidak seindah alaminya kehidupan komodo. Komodo mampu bertahan sampai saat ini karena berdiri di atas kaki sendiri, dengan lingkungan yang tidak terlalu banyak dijamah oleh teknologi semacam even new7wonder.

kalaupun Komodo menang, dengan fee yang membebani, dan kemudian pengunjung dunia yang hendak ke kawasan komodo membludak, tidak pelak akan merusak habitat, bahkan sangat mungkin komodo akan lebih cepat punah. Jadi konsekuensi kemenangan tidak akan membawa dampak apapun yang positif bagi Indonesia dan komodo khususnya.

Biarlah alami, dengan habitat yang tetap terjaga seperti saat ini. Dengan pembatasan jejak kaki yang menjamah dalam tiap harinya, tiap minggunya atau tiap bulannya. Jangan dieksploitasi, kekayaan hewani yang sangat langka ini.

Tentang promosi,… anak bangsa mampu untuk melakukan itu, tanpa campur tangan new7wonder.
Berdikari, berdiri di atas kaki sendiri.

Komentar
  1. aklahat mengatakan:

    Nah ini, saya setuju sekali. Dulu waktu gembar-gembornya Vote for Komodo, saya pikir ini agak aneh: Kalau memang Komodo itu ajaib, mengapa mesti divote segala? Pikir punya pikir, akhirnya memang tujuan bias-nya bukan demi Komodo sendiri…. Komodo cuma diperalat…eksploitasi itu ciri khas manusia modern, dia pikir dia penguasa segalanya termasuk si Komodo, yang kini mau jadi maskot Sea Games, (kalau yang ini saya OKe saja.!)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s