Kota Benteng “Pesisir’__Kalabahi Alor

Posted: Juni 22, 2010 in Jelajah Unik
Tag:, , , ,


Menarik kalau menelusur pandangan di kota kalabahi di pulau Alor, salah satu gugusan pulau2 yang ada di propinsi Nusa Tenggara Timur. Jalur transportasi menuju atau keluar ada dua pintu yaitu pelabuhan kalabahi yang berada di teluk kalabahi, begitu unik !. Pintu yang kedua adalah bandara Mali.

Nah, berkaitan dengan tugas tutorial UT di pokjar kalabahi, kumanfaatkan untuk menjepret beberapa panorama darat dan pesisir. Sebenarnya banyak panorama yang lebih menarik di lautan, tetapi biaya dan waktu tidak memungkinkan (hehe…:) ). Anda kalau mau bisa lihat di Alor Dive.

Pesawat Tua?
Saat naik dari eltari, kok? (nah ini rasa nggak nyaman😦 ) pesawatnya kesannya berbesi tua ya. itu kesanq, apalagi teman berangkat, pak Ariyanto tidak pake namanya sendiri, tapi nama teman tutor yang baru berangkat besoknya. Banyak-banyaklah berdoa. Berangkat lancar, tapi pas dekat2 alor agak2 bergetarkarena lapisan awan tebal. itu yang bikin ‘teringat besi tua’ melayang di atas laut, hehe… kalau melayang ke air berarti harus mengingat renang lagi. padahal sejak lama tidak berenang.🙂. Semua kekuatiran lenyap, ketika roda menyentuh dengan agak kasar di landasan. Alhamdulillah, sampe jga.

Ikan Bakar Segar…
Kebetulan, hotel adi dharma pas berada di pinggir teluk, dekat dermaga sandar kapal barang atau penumpang, dan uniknya teluknya begitu menjorok ke alor daratan. Anda bisa lihat di croppicnya google. Masyarakatnya juga beragam, tapi dipesisir banyak muslimnya, jadinya masjid juga gampang ditemui.

hari kedua, kapal Awu bersandar. nama kapal laut yang pertama kali aq naiki saat pertama kali ke kupang, tampak di depan mata. Ingat bagaimana aq tidak dapat dipan sehingga menggelar koran di dekat tangga, ada kecoak berkeliaran. Awu telah menjadi sosok besar dan sangat berjasa bagi transportasi di wilayah indonesia timur. Tapi bukan itu yang cukup membuatku terkesan, tapi ikan bakarnya.

100 meter dari aq tinggal ada semacam pujasera, menempati tanah reklamasi sehingga lokasinya dibibir air laut. suasana ramai, dan ikan bakarnya-lah yang sangat enak terasa. Jadi punya hasrat, sekembali di kupang mau bakar ikan sendiri, dengan rajikan seperti di alor. Asyik kayaknya…

Kota Benteng
Kusebut kota bentang karena sekeliling mata memandang Kalabahi dibatasi oleh pegunugan yang menjulang. Jadi jangan heran pas saat piala dunia seperti ini, bapak bupati sampai perlu bekerjasama dengan RCTI untuk menghibur masyarakat Alor selama berlangsungnya piala dunia. Parabola tidak lagi diandalkan karena ‘diacak’ katanya.

bayangkan dengan tembok cina, yang susah payah harus dibangun dengan mengorbankan jiwa begitu banyak, di alor sudah tercipta dengan alami. Itulah kebesaran-Nya.

Komentar
  1. Dony Go mengatakan:

    SALAM BUAT KELUARGA BESAR ALOR,, kami dibatam turut dukung juga rencana pembangkit listrik di daerah fanating, saya daud mamakani turut mndukung, semoga terlaksana dgn lancar.

  2. aklahat mengatakan:

    Ups, alor indah juga ya, sesekali mau ke sana….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s