Bendungan Tilong

Posted: Juni 8, 2010 in Panorama Alam
Tag:, , ,




Apakah Kupang Krisis Air?
Sebenarnya tidak !, kalau pemprov, pemkot da pemda kupang bisa mengoptimalkan potensi sumber air dan mampu memanage distribusinya dengan bijaksana !

Dampak kekeringan memang sudah menjadi langganan. Tapi krisis air bersih yang dialami setiap tahun oleh senagian warga Kota Kupang lebih karena ketidakmeratan jaringan pipa dan pemerataan.

Bendungan Tilong
Supply air bersih dari PDAM Kupang untuk masyarakat Kabupaten Kupang yang berada di sekitar Kota Kupang, memanfaatkan potensi air baku yang berasal dari : Mata Air OEleu, Mata Air Haukoto, Mata Air Baumata, Mata Air Tarus, Sumur Bor Alak, Sumur Bor Nasipanaf, Mata Air Bonem. Sedangkan untuk Ibukota Kecamatan lainnya dalam wilayah Kabupaten Kupang, sudah terjangkau pelayanan air bersih melalui jaringan perpipaan.

Bendungan Tilong terletak sekitar 16 km dari Ibukota Propinsi NTT Kupang. Bendungan ini senantiasa menjadi sebuah obyek wisata yang cukup digemari oleh masyarakat Kota Kupang, pada hari-hari libur bendungan ini mendapatkan angka kunjungan rata-rata 300 sampai 700 orang perhari. Memang pada musim kemarau debit airnya sangat kecil namun demikian pemandangan indah akan terlihat pada musim hujan ketika volume air Tilong meluap. Bendungan Tilong juga sangat membantu masyarakat sekitarnya untuk mendapatkan suplay air bagi irigasi persawahan dan perkebunan. Disepanjang jalan menuju Tilong akan terlihat pemandangan berupa hamparan pohon lontar. Berikut deskripsi singkat tentang bendungan Tilong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s