New7Wonders: Komodo Masuk 28 Finalis

Posted: Juli 23, 2009 in NTT News

Grand Canyon (AS), Matterhorn (gunung salju abadi di Swiss), Great Barrier Reef (karang laut terbesar di dunia yang berlokasi di lepas pantai Queensland, Australia), dan Taman Nasional Komodo (Indonesia) bersaing dengan 24 tetenger alam spektakuler lain di tahap akhir jajak pemilihan Tujuh Keajaiban Alam Baru (New 7 Wonders of Nature).

Hal ini diumumkan organisasi New 7 Wonders yang dipimpin petualang Bernard Weber di Jenewa, Swiss Selasa malam (21/7) atau kemarin WIB (22/7). Hutan hujan Amazon (Amerika Selatan), Laut Mati (Israel dan Jordania), Gunung Kilimanjaro di Afrika, dan Kepulauan Galapagos di Ekuador juga termasuk di antara para finalis.

Setiap orang dapat memberikan suara (dukungan) atas salah satu di antara keajaiban itu lewat internet atau telepon. Lebih dari 1 miliar warga di seantero dunia diperkirakan bergabung dalam voting tersebut. Pemenang (tujuh keajaiban) akan diumumkan pada 2011 dan bergabung bersama tujuh keajaiban buatan manusia yang dipilih dua tahun lalu.

“Kampanye (keajaiban) ini juga harus mendukung apresiasi maupun pemahaman atas lingkungan kita. Bukan sekadar tahu warisan alam di suatu negara tertentu, tetapi di seluruh dunia,” kata Weber kepada The Associated Press. “Jika kita atau anak-anak kita ingin menyelamatkan sesuatu, kita harus memiliki apresiasi lebih dulu,” lanjutnya.

Finalis kali ini termasuk Semburan Lumpur (Mud Volcanoes) di Azerbaijan, Jeita Grotto (gua batu kars zaman prasejarah) di Lebanon, Moher Cliffs (tebing setinggi 120 meter) di Irlandia, dan Black Forest (hutan kayu dengan lapisan batu pasir dan granit) di Jerman.

Sebuah panel yang terdiri atas para pakar memilih 28 finalis itu di antara 77 nomine yang memperoleh dukungan suara terbanyak dalam babak awal polling. Sebelumnya, diusulkan 261 tetenger warisan alam di seluruh negara di dunia.

Panel tersebut dipimpin Federico Mayor, mantan pimpinan (direktur jenderal) UNESCO, organisasi PBB di bidang pendidikan, sains, dan budaya. Panel memilih para finalis di atas atas dasar keseimbangan geografis, keragaman, dan nilainya bagi kehidupan umat manusia.

Weber mengaku senang nominee meliputi warisan alam yang lokasinya berada di lebih dari satu negara. Misalnya, Laut Mati (berada di tiga negara, termasuk Palestina) atau hutan Amazon (sembilan Negara di Amerika Latin). Itu mendorong kerja sama warga lintas negara.
Partisipasi pemilih yang tinggi selama ini datang dari negara-negara Asia (termasuk Indonesia, India, Bangladesh, dan Vietnam) maupun Amerika Latin. “Pemilih dari AS juga cukup tinggi,” ujar Weber.

Pemilih dari Afrika juga melonjak dalam beberapa pekan terakhir. Sebagian besar pemilih dari benua ini mendukung lewat ponsel. Weber menolak merinci jumlah suara dari setiap warisan alam. Tapi, pihaknya nanti berencana merilis detail tentang profil pemilih.

Sekitar 100 juta orang memberikan suara dalam pemilihan tujuh keajaiban dunia buatan manusia pada 2007. Pemenangnya adalah Colosseum di Italia, Tembok Besar (Great Wall) di Tiongkok, Taj Mahal di India, kota tua Petra di Jordania, patung raksasa Jesus Sang Penebus Dosa di Brazil, Machu Picchu (situs peninggalan suku Inca di atas gunung) di Peru, dan Piramida Chichen Itza di Meksiko.

Pemilihan keajaiban dunia itu telah berlangsung lama. UNESCO terus memperbarui daftar Situs Warisan Dunia (World Heritage Sites), yang saat ini total berjumlah 890 buah. Kampanye 7 Keajaiban Alam Baru dimaksudkan untuk mempromosikan keragaman budaya dengan mendukung, melindungi, dan merestorasi berbagai monumen maupun warisan alam.

(sumber: ap/dwi/jpnn)

Komentar
  1. lina yuliana mengatakan:

    mari kita dukung p. komodo

  2. Extenze mengatakan:

    Hey very nice blog!! Man .. Beautiful .. Amazing .. I will bookmark your blog and take the feeds also…

  3. buyvigrx mengatakan:

    Hello. Great job. I did not expect this on a Wednesday. This is a great story. Thanks!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s