Air Terjun Oenasu

Posted: Juni 20, 2009 in Traveling

Air terjun Oenesu berada di Kecamatan Kupang Barat, sekitar 17 kilometer dari Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Akses jalan menuju air terjun ini beraspal mulus. Hanya beberapa kilometer pada cabang masuk air terjun yang jalannya sedikit rusak.
air-terjun
Oenesu dapat dicapai dengan kendaraan roda empat baik peribadi maupun umum. Kalau dengan kendaraan umum, Anda bisa menyewa mobil travel dari Kota Kupang sekitar Rp 500.000 per hari. Waktu tempuhnya sekitar 1,5 jam dari Kota Kupang. Tiket masuk Rp 1.500 untuk orang dewasa dan Rp 1.000 untuk anak kecil. Kendaraan roda empat harus membayar Rp 2.000 dan roda dua membayar Rp 1.000.

Oenesu luasnya sekitar 0,7 hektar. Topografinya cukup menantang, berbukit-bukit. Jadi sangat tepat bagi mereka yang suka kegiatan alam bebas, seperti menjelajahi hutannya dan menyusuri sungai kecil di sekitarnya. Di hutannya terdapat beberapa burung liar dan satwa lainnya.

Air terjun Oenesu merupakan sebuah tujuan wisata utama yang selalu ramai dikunjungi, baik oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Pada hari libur atau Minggu, objek wisata yang satu ini bisa dikunjungi lebih dari 1.500 orang. Pengunjung yang datang selain mandi, ranang, juga ada yang kemping, dan menjelajahi hutan wisata. Fasilitas pendukungnya berupa tangga turun yang disemen sehingga pengunjung dapat lebih mudah mencapai dasar air terjun.

Yang membedakan air terjun ini dengan air terjun yang ada di NTT, Oenesu memiliki empat tingkat. Airnya meluncur dari air terjun pertama hingga ke air terjun berikutnya. Di sela-sela air terjun terdapat kubangan air berupa kolam alami yang menggoda siapapun untuk berenang.

Saat musim hujan, curuhan dan volume air Oenesu begitu melimpah. Kendati begitu airnya tetap jernih. Sementara ketika musim panas, airnya tak pernah kering meski tak sebanyak saat musim hujan. Namun airnya terlihat lebih jernih.

Selain itu juga ada jembatan kayu untuk memasuk kawasan hutan di sekitar air terjun. Sementara di sekitar areal parkirnya tersedia beberapa gazebo untuk melepaskan lelah usai menikmati Oenesu atau sekadar menikmati makanan dan minuman yang dibawa atau dibeli di warung setempat.

Komentar
  1. Aria raditia mengatakan:

    Salam…

    Oenesu kerennn

    Sejak melihat blog ini saya sangat tertarik dengan Daerah Kupang, Kupang yang ada dalam benak saya adalah sebuah daerah yang tandus dan berbatasan dengan Timor Leste yang mana banyak eksodus atau sisa konflik dari lepasnya Timor Timur dari negara Republik Indonesia tercinta.

    Sejak saya menemukan Blog Anda perlahan kesan itu sirna🙂 Terimakasih untuk Anda yang telah membuat blog ini

    Ada yang ingin saya tanyakan, menurut Anda apa alasan kenapa para Touris International dan domestik harus mengunjungi Kupang?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s