Hujan Awal di Atas Penfui Kota Kupang

Posted: November 7, 2011 in Panorama Alam
Tag:, , , ,

Siang tadi di sekitar Kota Kupang begitu terik dan puanasnya. Gerak tubuh sedikit saja sudah menghasilkan produksi keringat berlebih. Kalau aq diminta pilih berkeringat karena olahraga apa berkeringat karena kepanasan, maka satu-satunya jawaban adalah berkeringat olahraga!.

Kalau tubuh kita temperaturnya meningkat, maka termoregulasi yang dikendalikan oleh hipotalamus, akan menjalankan mekanisme, yaitu (1) vasodilatasi, (2) berkeringat dan (3) penurunan pembentukan/produksi panas tubuh. Vasodilatasi adalah mekanisme pelebaran pembuluh darah perifer di seluruh bagian tubuh. Dengan pelebaran tersebut memungkinkan panas tubuh yang berlebih bisa segera keluar. Berkeringat akan terjadi, saat tubuh melewati temperatur kritis, yaitu 37 derajat celcius, dan tubuh akan menghambat kuat mekanisme pembentukan panas. Contoh : menggigil, sebagai metabolisme tambahan, akibat aktivitas otot, tidak mungkin terjadi.

Disamping mekanisme di atas, ada mekanisme perilaku, yaitu banyak minum ( apalagi yang segar dan dingin :) ), kipas-kipas badan, memakai pakaian yang lebih tipis, dan lain-lain. Nah, maraknya penjual es buah, es campur dan es degan di Kota kupang, adalah proses produktif mengantisipasi gelombang panas saat ini, dan sebagai bagian memenuhi mekanisme perilaku terhadap peningkatan suhu tubuh.

Apakah anda harus benci dengan keadaan ini? tentu tidak! Demikian juga sebaliknya kalau hujan terus-menerus saat musim penghujan nanti. Paling-paling, hanya menggerutu, hehe….

Nah, sore tadi adalah hujan pertama yang cukup merata di atas Penfui. Udara menjadi segar, bau tanah menyegarkan memori akan segarnya musim penghujan yang segera datang. Sepertinya, prakiraan BMKG kali ini tepat dan datang lebih awal !, atau jangan-jangan hujan kali ini hanya hujan basa-basi, lewat sesaat dan mudah dilupakan, entah kapan terjadi, karena setelahnya tidak hujan-hujan dalam jangka waktu yang lama.

Semoga tidak, karena BMKG memprediksi musim hujan normal

About these ads
Komentar
  1. aklahat mengatakan:

    hingga akhirnya tepat pada hari pahlawan 10 november 2011, sejak hujan pertama 4 oktober lalu, kini Kota Kupang benar-benar diguyur hujan, Horeeeeee :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s